Apakah itu Keselamatan serta Kesehatan Kerja atau K3?

mmmMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Keselamatan serta Kesehatan Kerja ialah satu keadaan kerja yang terlepas dari ancaman bahaya yang mengganggu proses kegiatan serta menyebabkan terjadinya cedera, penyakit, rusaknya harta benda, dan masalah lingkungan. OHSAS 18001:2007 mendeskripsikan Keselamatan serta Kesehatan Kerja menjadi keadaan serta aspek yang memengaruhi atau akan memengaruhi keselamatan serta kesehatan pekerja (termasuk juga pekerja kontrak serta kontraktor), tamu atau orang yang lain dalam tempat kerja. Dari pengertian keselamatan serta kesehatan kerja diatas dan pengertian Keselamatan serta Kesehatan Kerja menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia serta OHSAS bisa diambil kesimpulan jika Keselamatan serta Kesehatan Kerja ialah satu program yang jamin keselamatan serta kesehatan pegawai dalam tempat kerja. sepatu safety harus di gunakan ketika saat bekerja.
Mangkunegara (2002) mengatakan jika keselamatan serta kesehatan kerja difilosofikan menjadi satu pemikiran serta usaha untuk jamin keutuhan serta kesempurnaan baik jasmani ataupun rohani tenaga kerja pada terutamanya serta manusia biasanya, hasil karya serta budayanya ke arah penduduk makmur serta sejahtera. Sedang pemahaman dengan keilmuan ialah satu ilmu dan pengetahuan serta aplikasinya dalam usaha menahan peluang terjadinya kecelakaan serta penyakit karena kerja. Keselamatan serta kesehatan kerja tidak bisa dipisahkan dengan proses produksi baik layanan ataupun industri .
Keselamatan serta Kesehatan Kerja adalah satu usaha pelindungan yang diserahkan pada semua kekuatan yang bisa memunculkan bahaya. Hal itu mempunyai tujuan supaya tenaga kerja serta orang yang lain yang ada dalam tempat kerja tetap dalam kondisi selamat serta sehat dan semua sumber produksi bisa dipakai dengan aman serta efektif (Suma’mur, 2006).
Menurut Ridley (1983) yang diambil oleh Boby Shiantosia (2000), mengartikan Kesehatan serta Keselamatan Kerja ialah satu keadaan dalam pekerjaan yang sehat serta aman baik itu buat tugasnya, perusahaan ataupun buat penduduk serta sekitar lingkungan pabrik atau tempat kerja itu. Sama seperti dengan Jackson (1999), menuturkan jika Kesehatan serta Keselamatan Kerja tunjukkan pada kondisikondisi fisiologis-fisikal serta psikologis tenaga kerja yang disebabkan oleh lingkungan kerja yang disiapkan oleh perusahaan.
Keselamatan serta kesehatan kerja adalah instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, serta ma-syarakat seputar dari bahaya karena kecelakaan kerja. Perlindungan itu adalah hak asasi yang harus dipenuhi dengan perusahaan. K3 mempunyai tujuan menahan, kurangi, bahkan juga menihilkan resiko kecelakaan kerja (zero accident). Aplikasi ide ini tidak bisa dipandang seperti usaha mencegah kecelakaan kerja serta penyakit karena kerja yang habiskan banyak cost (biaya) perusahaan, tetapi mesti dipandang seperti bentuk investasi periode panjang yang memberikan keuntungan yang berlimpah pada saat mendatang (Prasetyo, 2009).
Keselamatan serta kesehatan kerja pada intinya mencari serta mengutarakan
kekurangan yang sangat mungkin terjadinya kecelakaan. Jadi menurut Mangkunegara (2002) arah dari keselamatan serta kesehatan kerja ialah seperti berikut:
a. Supaya tiap-tiap pegawai mendapatkan agunan keselamatan serta kesehatan kerja baik dengan fisik, sosial serta physicology
b. Supaya tiap-tiap peralatan serta perlengkapan kerja dipakai sebaik-baiknya selektif mungkin
c. Supaya semua hasil produksi dijaga keamanannya
d. Supaya terdapatnya agunan atas pemeliharaan serta penambahan kesehatan gizi pegawai
e. Supaya tingkatkan kegairahan, kecocokan kerja, serta keterlibatan kerja
f. Supaya terlepas dari masalah kesehatan yang dikarenakan oleh lingkungan atau keadaan kerja
g. Supaya tiap-tiap pegawai merasakan aman serta terproteksi dalam kerja
Sedang menurut Suma’mur (2006) arah dari keselamatan serta kesehatan kerja yakni :
a. Supaya tiap-tiap pekerja mendapatkan agunan keselamatan serta kesehatan kerja baik dengan fisik, sosial serta psikologis
b. Supaya tiap-tiap peralatan serta perlengkapan kerja dipakai sebaik-baiknya serta seefektif mungkin
c. Supaya semua hasil produksi dipelihara keamanannya
d. Supaya terdapatnya agunan atas pemeliharaan serta perlindungan kesehatan gizi pekerja
e. Supaya tingkatkan kegairahan, kecocokan serta keterlibatan kerja
f. Supaya terlepas dari masalah kesehatan yang dikarenakan oleh lingkungan atau keadaan kerja
g. Supaya tiap-tiap pekerja merasakan aman serta terproteksi dalam kerja

Arah dari aplikasi Keselamatan serta Kesehatan Kerja menurut Satria (2008 )
ialah seperti berikut:
a. Membuat perlindungan beberapa pekerja serta orang yang lain dalam tempat kerja
b. Jamin supaya tiap-tiap sumber produksi bisa digunakan dengan aman serta efektif
c. Jamin proses produksi berjalan mulus
Sedang menurut Rachman (1990) arah umum dari K3 ialah membuat tenaga kerja yang sehat serta produktif. Maksudnya bisa dirinci seperti berikut :
a. Supaya tenaga kerja serta tiap-tiap orang ada dalam tempat kerja tetap dalam kondisi sehat serta selamat
b. Supaya sumber-sumber produksi bisa berjalan dengan lancer tanpa kendala

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s