Kewajiban Menggunakan Sepatu Safety di Ruang Produksi

Related image

Ketentuan untuk selalu memakai sepatu pada setiap pekerja ketika berada didalam ruang produksi masih belum banyak diterapkan di seluruh pabrik kayu, dalam arti manajemen tidak menuangkan ketentuan ini didalam kontrak kerja ataupun tempat kerja. Hal semacam ini lebih dipahami sebagai kesadaran dari semasing pekerja untuk kenyamanan dan keselamatan mereka ketika bekerja. Kecenderungan ini dapat didasarkan oleh kondisi dan keadaan fisik ruang produksi.

Beberapa pabrik mebel kayu bikin lantai ruang produksi mereka senyaman lantai supermarket, halus dan rata. Pabrik yang lain sebatas lantai tidak lembab dan masihlah kasar. Beberapa minggu waktu lalu saya berkunjung ke sebuah pabrik yang cukup modern dengan layout produksi yang sangat baik dan teratur. Ketika tiba di ruang pengamplasan terlihat berderet panjang beberapa pekerja dengan benda kerja semasing diatas meja. Yang menarik dari panorama itu yaitu karena rata-rata dari mereka tidak memakai alas kaki sekalipun. Lantai ruangan itu memang halus dan rata hingga terlihat mereka nyaman dengan lantai itu.

Akan tetapi untuk keselamatan kerja memakai alas kaki (terlebih sepatu) di ruang produksi manapun semestinya jadi sebuah keharusan. Beberapa hal yang mungkin terjadi ketika bekerja.

Kemudian muncul pertanyaan siapa yang semestinya sediakan sarana itu? perusahaan atau karyawan? Berdasar pada ketentuan yang ada semua perlengkapan yang berperan untuk keselamatan kerja yaitu keharusan perusahaan untuk menyediakannya untuk karyawan. kebetulan saja saya belum lihat apakah itu harus dilakukan dengan cara berkala atau cukup sekali.

Ada satu narasi yang lucu pernah saya saksikan dan dengar dari seseorang yang memiliki pabrik mebel. Beliau telah sediakan sepasang sepatu untuk semua karyawannya untuk digunakan pada saat bekerja. Dengan cerdik dia memperoleh harga yang bagus dari pabrik sepatu dan jenis yang sama untuk semua pekerja dari ruang penggergajian sampai packing.

Minggu pertama dia saksikan nyaris semua karyawan memakai sepatu safety itu dan dia terlihat senang karena memikirkan kalau karyawan nyatanya sadar akan pentingnya sepatu dan di lain segi dia tak ada permasalahan dengan auditor. Tetapi di minggu ke-2 dia memperoleh laporan kalau nyaris beberapa besar beberapa pekerja malah memakai sepatu itu ketika perjalanan pergi dan pulang dari pabrik ke tempat tinggal mereka. Dan alasan yang dikemukakan yaitu sepatu baru itu terlalu bagus (untuk beberapa pekerja) untuk dipakai didalam pabrik hingga mereka memakainya diluar. Sesaat didalam pabrik tetaplah memakai sandal jepit.

Ini memang pekerjaan yang lumayan rumit untuk manajemen ketika harus bertemu dengan permasalahan kesadaran karyawan. Perusahaan lain menyampaikan mereka memerlukan minimum 2 th. agar semua karyawannya sadar memakai sepatu didalam pabrik.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu telah iktu pikirkan keselamatan kerja karyawan kamu? Apakah kamu sebagai karyawan juga telah memiliki kesadaran tinggi akan pemakaian alat keselamatan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s